Laboratorium
LABORATORIUM PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIROW TUBAN
Laboratorium Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan unit penunjang akademik yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan tri dhama perguruan tinggi. Laboratorium PGSD memberi fasilitas untuk praktik ke SD-an, penerapan atas teori, penelitian, pengembangan keilmuan dan diseminasi. Laboratorium PGSD digunakan sebagai fasilitas pendukung mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi sebagai calon pendidik SD yang professional dan inovatif. Kegiatan yang ada dalam lingkup pengelolaan laboratorium PGSD ini meliputi praktikum, penggunaan peralatan laboratorium sehingga dapat menghasilkan praktikan yang terampil dalam bidang pembelajaran di SD.
Adapun visi dan misi dari pengembangan laboratorium PGSD Unirow adalah sebagai berikut:
VISI LABORATORIUM MODEL KELAS SEKOLAH DASAR UNIROW
MENJADI LABORATORIUM MODEL KELAS SEKOLAH DASAR YANG UNGGUL DALAM MENDUKUNG TERWUJUDNYA LEMBAGA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR YANG MEMILIKI KEUNGGULAN, BERDAYA SAING DAN BERKEBUDAYAAN NASIONAL DENGAN BERWAWASAN GLOBAL, CERDAS, TERAMPIL, KREATIF, INOVATIF DAN KOMPARATIF BERDASARKAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN, KULTURAL, DAN RELIGIUS.
MISI LABORATORIUM MODEL KELAS SEKOLAH DASAR UNIROW
1. MENJADIKAN LABORATORIUM YANG MAMPU MENINGKATKAN KUALITAS
GURU SD MELALUI PRAKTIKUM SUPERVISI KLINIS DALAM MODEL KELAS
SEKOLAH DASAR
2. MENJADIKAN LABORATORIUM YANG MAMPU MENINGKATKAN PENDIDIKAN
GURU SD AGAR GURU MEMPUNYAI KOMPETENSI PROFESIONAL,
PAEDAGOGIK, SOSIAL, MAUPUN PERSONAL SEBAGAI GURU SEKOLAH DASAR
3. MENJADIKAN LABORATORIUM YANG MAMPU MENINGKATKAN KUALITAS
PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR MELALUI PENELITIAN DAN PENGABDIAN
KEPADA MASYARAKAT DI SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR.
TUJUAN LABORATORIUM MODEL KELAS SEKOLAH DASAR UNIROW
1. MEMBANTU MENGHASILKAN GURU KELAS ATAU GURU MATAPELAJARAN DI
SEKOLAH DASAR YANG MEMPUNYAI KUALIFIKASI SARJANA (S-1) BERBASIS
PENDIDIKAN KONSTEKSTUAL GURU SEKOLAH DASAR DALAM
LABORATORIUM MODEL KELAS SEKOLAH DASAR SECARA TEORITIS
MAUPUN PRAKTIS
2. MEMBANTU PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GURU KELAS
SEKOLAH DASAR SESUAI SKGK-SD.
3. MEMBANTU PARA GURU SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN
KUALITAS KOMPETENSINYA SEBAGAI GURU KELAS ATAU GURU
MATAPELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS LABORATORIUM MODEL KELAS SEKOLAH DASAR.